Entri yang Diunggulkan

Roadshow Eagle Awards 2016 Metro TV Menggandeng Prodi Ilmu Komunikasi UMM

sumber: ig @komunikasiumm Rabu, 18 Mei 2016, Roadshow Eagle Award 2016 Metro TV menggandeng Prodi Ilmu Komunikasi UMM dalam pelaksa...

Jumat, 20 Mei 2016

Menjelang Ramadan, Ini yang Dicari Orang Indonesia di Google

             KAMIS, 19 MEI 2016 | 18:08 WIB
Google memperkenalkan sub kanal Google Ramadhan yang terkoneksi dengan YouTube. TEMPO/Martha Warta Silaban

TEMPO.COJakarta - Pencarian informasi mengenai Ramadan dan Lebaran di Indonesia selalu meningkat sejak sepekan menjelang bulan suci umat Islam tersebut datang. Pencarian yang didominasi dengan perangkat mobile ini dilakukan pada aneka kategori kebutuhan, mulai makanan, pakaian, transportasi, hingga kecantikan. “Google juga mencatat aktivitas berkumpul bersama keluarga menjadi satu alasan orang memanfaatkan Google selama puasa,” kata Henky Prihatna, Country Industri Head Google Indonesia, di kantornya, Kamis, 19 Mei 2016. Ia mengatakan, selama bulan puasa berlangsung, terutama menjelang Lebaran, informasi mengenai transportasi menjadi hal yang paling dicari pengguna Google. Google mencatat pencarian informasi transportasi paling banyak dilakukan pada kategori pesawat terbang dan kereta api. Pencarian ini dilakukan pengguna Google untuk menghadapi momen mudik saat Lebaran datang. Pencarian yang dilakukan terutama pada harga tiket perjalanan menggunakan dua moda transportasi tersebut.

Pencarian berkenaan dengan momen mudik Lebaran juga dilakukan pada kata kunci hotel dan kuliner. Data yang direkam oleh Google saat Ramadan 2015 membuktikan, selain mencari kendaraan untuk menuju kota asal, pengguna Google mencari tempat tinggal, seperti hotel, dan tempat makan yang menarik di kampung halamannya.

Selain itu, pencarian yang dilakukan pengguna Google selama Ramadan dan Lebaran adalah pencarian alamat atau lokasi mereka berada saat itu. Pencarian lokasi tersebut juga berhubungan erat dengan informasi kuliner dan tempat menginap ataupun lokasi target kunjungan. Semua pencarian Ramadan yang dilakukan di Google tahun lalu diketahui didominasi sebanyak 81 persen dengan telepon seluler pintar. 

MAYA NAWANGWULAN


0 komentar:

Posting Komentar