KAMIS, 19 MEI 2016
| 18:08 WIB
Google memperkenalkan sub kanal Google
Ramadhan yang terkoneksi dengan YouTube. TEMPO/Martha Warta Silaban
TEMPO.CO, Jakarta - Pencarian informasi mengenai Ramadan dan
Lebaran di Indonesia selalu meningkat sejak sepekan menjelang bulan suci umat
Islam tersebut datang. Pencarian yang didominasi dengan perangkat mobile ini
dilakukan pada aneka kategori kebutuhan, mulai makanan, pakaian, transportasi,
hingga kecantikan. “Google juga mencatat aktivitas berkumpul bersama
keluarga menjadi satu alasan orang memanfaatkan Google selama puasa,” kata
Henky Prihatna, Country Industri Head Google Indonesia, di kantornya, Kamis, 19
Mei 2016. Ia mengatakan, selama bulan puasa berlangsung, terutama menjelang
Lebaran, informasi mengenai transportasi menjadi hal yang paling dicari
pengguna Google. Google mencatat pencarian informasi transportasi
paling banyak dilakukan pada kategori pesawat terbang dan kereta api. Pencarian
ini dilakukan pengguna Google untuk menghadapi momen mudik saat Lebaran datang.
Pencarian yang dilakukan terutama pada harga tiket perjalanan menggunakan dua
moda transportasi tersebut.
Pencarian berkenaan dengan momen mudik Lebaran
juga dilakukan pada kata kunci hotel dan kuliner. Data yang direkam oleh Google
saat Ramadan 2015 membuktikan, selain mencari kendaraan untuk menuju kota asal,
pengguna Google mencari tempat tinggal, seperti hotel, dan tempat makan yang
menarik di kampung halamannya.
Selain itu, pencarian yang dilakukan pengguna
Google selama Ramadan dan Lebaran adalah pencarian alamat atau lokasi mereka
berada saat itu. Pencarian lokasi tersebut juga berhubungan erat dengan
informasi kuliner dan tempat menginap ataupun lokasi target kunjungan. Semua pencarian Ramadan yang dilakukan di Google
tahun lalu diketahui didominasi sebanyak 81 persen dengan telepon seluler
pintar.
MAYA
NAWANGWULAN
0 komentar:
Posting Komentar